Sp3-TeL

Sp3-TeL
Aksi Mayday 2013 di Muara Enim

Kamis, 22 Mei 2014

Apa Itu PKB dan Bagaimana Terbentuknya


Pelatihan PKB SP3-TeL (21/05/2014) di Sekretariat SPPT-TeL



Perjanjian Kerja Bersama adalah merupakan hasil Perundingan antara Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB),  atau beberapa SP/SB yang tercatat pada Instansi yang bertanggungjawab dibidang  Ketenagakerjaan dengan Pengusaha atau Perkumpulan Pengusaha yang Berbadan Hukum yang isinya memuat syarat syarat kerja, Hak dan Kewajiban kedua belah pihak.

Pada tanggal 21 Mei 2014, Serikat Pekerja Perawatan dan Pelayanan -TeL (SP3-TeL) mengadakan pelatihan internal bagi pengurus serikat pekerja. Adapun topik atu materi pelatihan pada hari ini adalah berkaitan dengan seputar proses penyusunan Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Ada 10 pengurus SP3-TeL yang mengikuti pelatihan ini dan semuanya adalah Tim Perunding SP3-TeL. Pelatihan ini merupakan bentuk pembekalan yang dilakukan. Rencananya SP3-TeL akan mengadakan perundingan Perjanjian Kerja Bersama dengan pihak perusahaan. PKB ini juga adalah PKB yang pertama kalinya.

Sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah kawan-kawan pengurus Serikat Pekerja PT.Tajungenim Lestari (SPPT-TeL) yang memang sudah berpengalaman dalam merundingkan PKB. Pelatihan ini dibagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama materi yang diberikan adalah berkisar mengenai Pengertian PKB,Landasan Hukum PKB dan Proses Penyusunan PKB, yang disampaikan oleh Ashal (pengurus SPPT-TeL). Setelah itu dilanjutkan pada sesi kedua, yang memberikan materi mengenai proses pembentukan PKB, Proses Perundingan PKB dan simulasi praktek perundingan PKB. Sebagai narasumber pada sesi kedua ini, disampaikan oleh Nelson F Saragih, yang menjabat sebagai penasehat di SPPT-TeL. Ini merupakan salah satu support yang diberikan pleh kawan-kawan SPPT-TeL.

Sebagai sambutan pembukaan dalam pelatihan ini disampaikan langsung oleh Kordinator Bidang Pendidikan SP3-TeL, yaitu Saudi HS. Dilanjutkan kemudian oleh Ikhsan Prajarani,sebagai Ketua SP3-TeL. Dalam sambutan ini kedua pengurus SP3-TeL mengungkapkan rasa terimakasih kepada kedua pengurus SPPT-TeL yang telah bersedia membagi pengalaman mereka dalam melakukan perundingan PKB.

Mudah-mudahan dari hasil pelatihan ini pengurus SP3-TeL, sudah dapat menyusun Rencana Tindak Lanjut Proses Penyusunan PKB, dari awal sampai dengan terjadinya penandatangan PKB itu sendiri...(Medkom SP3-TeL)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar