Sp3-TeL

Sp3-TeL
Aksi Mayday 2013 di Muara Enim

Sabtu, 22 Maret 2014

Kesepakatan Dari Sebuah Dialog Sosial




Pada 18 Maret 2014 yang lalu, telah terjadi kesepakatan antara Serikat Pekerja Perawatan-TEL (SP3-TEL) dengan site manajemen PT.Truba Jaya Engineering (Maintenance mechanical and service other PT.Tanjungenim Lestari). 


Perundingan yang dilakukan ini, memakan waktu yang cukup panjang dan alot. Perundingan pertama dimulai pada tanggal 29 Januari 2014, karena belum adanya kesepakatan maka perundingan dilanjutkan pada 21 Februari 2014 dan terakhir pada 18 Maret 2014 yang lalu.

Adapun pokok bahasan dalam perundingan bipartite ini, berkaitan dengan beberapa usulan yang diajukan oleh SP3-TEL. Ada lima point yang menjadi skala prioritas pengurus SP3-TEL ;

  1. Peningkatan Jaminan Pelayanan Kesehatan Pekerja dan Keluarganya
  2. Peningkatan Uang makan dan tunjangan shift
  3. Pengaruh kenaikan Upah Minimum Propinsi Sumatera Selatan tahun 2014 (Kenaikan upah sundulan).
  4. Hak cuti tahunan dan hak cuti lainnya
  5. Rencana penyusunan Perjanjian Kerja Bersama
Kelima point yang telah disebutkan, adalah hal yang utama yang di bahas dalam perundingan tersebut. Setelah melalui proses yang panjang dan alot, akhirnya pada 18 Maret 2014 ditanda tangani kesepakatan mengenai usulan yang telah di ajukan oleh SP3-TEL.

Dari SP3-TEL sendiri, hampir seluruh pengurus turun dalam perundingan ini. Inilah kebersamaan yang harus terus dijaga,karena akan saling menguatkan satu sama lainnya. Dari proses perundingan yang dilakukan, dialog yang baik dalam sebuah perundingan tentu akan menghasilakan suatu kesepakatan yang baik pula bagi kedua belah pihak..(mip)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar