Sp3-TeL

Sp3-TeL
Aksi Mayday 2013 di Muara Enim

Jumat, 05 Juli 2013

Pelatihan Hukum Perburuhan Anggota SP3-TEL

Bung Ashal (berdiri) sedang menyampaikan materi

Bung Saudi.HS (berdiri) Kord.Bidang Pendidikan SP3-TEL
 
Pendidikan dan pelatihan pengurus dan anggota serikat pekerja adalah suatu hal yang harus dilakukan terus menerus oleh serikat pekerja. Begitu pentingnya pelatihan dan pendidikan ini,untuk itu sebagai salah satu wadah bagi pekerja dan juga pengembangan sumber daya pekerja,maka Serikat Pekerja Perawatan dan Pelayanan-TeL (SP3-TEL) telah menyelenggarakan pelatihan internal yang ketiga bagi pengurus dan anggota SP3-TeL.Pelatihan ini telah dilaksanakan selama tiga sesi yang dilakukan satu kali dalam sebulan. Pelatihan ini dimulai sejak bulan Mei 2013 sampai dengan Juli 2013,dengan materi ; Dasar Serikat Pekerja, Strategi Negosiasi dan yang terakhir adalah Hukum Perburuhan.

Pada tanggal 05 Juli 2013,bertempat di Sekretarit SPPT-TEL, telah dilaksanakan pelatihan sesi terakhir untuk tiga bulan pertama ini. Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah Hukum Perburuhan, yang disampaikan oleh Bung Ashal,ketua SPPT-TEL. Dalam pelatihan ini, selain melakukan penyampaian materi, Bung Ashal mengajak peserta untuk berdiskusi bersama melakukan tanya jawab. Bung Ashal pun menjelaskan secara panjang lebar mengenai proses-proses perselisihan hubungan industrial yang diketahuinya dari berbagai sumber (Undang-undang dan Materi pelatihan yang pernah diikutinya) selain dari pada sumber-sumber dari buku beliau juga bercerita mengenai pengalaman-pengalaman dalam organisasi serikat pekerja,selama beliau menjabat sebagai ketua SPPT-TEL.

Selain dari pengurus dan anggota SP3-TEL, seyogyanya hadir juga dari beberapa serikat pekerja anggota FSP2KI (Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia) yang ada di wilayah Sumatera Selatan,yaitu ; 
  • Pengurus SPPT-TEL
  • Pengurus SPS-PT.TEL
  • Pengurus SPMT-PT.TEL
Tetapi karena sesuatu hal, hanya ada beberapa pengurus SPPT-TEL yang turut hadir dalam ruang pelatihan tersebut. Peserta dari SP3-TEL sendiri sudah mengikuti pelatihan ini selama tiga sesi pertemuan dalam tiap bulannya. Pelatihan ini merupakan program kerja rutin dari SP3-TEL, sebagai pelaksana atau eksekusi dilapangan adalah Bung Saudi.HS dan Bung Persi Hermolis sebagai Bidang Pendidikan SP3-TEL. 

Dalam sambutannya Kordinator Bidang Pendidkan SP3-TEL menyampaikan "dengan pelatihan seperti ini maka akan semakin memperkuat serikat pekerja, selain dari pada itu pelatihan ini bertujuan memberikan pembekalan kepada para pekerja untuk regenerasi". Karena regenerasi ini sangat penting bagi perjuangan pekerja dikemudian hari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar