Sp3-TeL

Sp3-TeL
Aksi Mayday 2013 di Muara Enim

Rabu, 04 Juli 2012

Basic Training Serikat Pekerja ICEM FNV Mondial



Ditulis oleh : M.IKHSAN PRAJARANI (Ketua SPKT-FSP2KI)

"Serikat pekerja adalah sebuah organisasi yang berkelanjutan,yang didirikan secara sukarela dan demokratis,dari,oleh dan untuk pekerja, yang bertujuan untuk memperjuangkan,melindungi, serta menjembatani aspirasi pekerja untuk mencapai kehidupan yang lebih baik melalui Perundingan Bersam".

Untuk itu sebagai upaya meningkatkan kemampuan pengurus maka, perlu dilakukan pendidikan bagi pengurus Serikat Pekerja.Pada tanggal 3 - 5 Juli 2012, bertempat di Hotel Anugerah  Palembang dilaksanakan Basic Training Serikat Pekerja/Serikat Buruh.Pelatihan yang diselenggarakan oleh ICEM /FNV Mondial/Asia MNC's dihadiri oleh pengurus Serikat Pekerja afiliasi ICEM di Indonesia khususnya wilayah Sumatera Selatan,antara lain ; FSP KEP, FSP FARKES Ref, FPE SBSI, F KIKES, dan FSP2KI ,dalam pelatihan ini dari 32 orang peserta ada empat orang peserta perempuan.



Tujuan pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan dan peningkatan kualitas sumber daya pengurus serikat pekerja ditingkat unit kerja/perusahaan. Dengan semakin membaiknya kualitas dan sumber daya pengurus serikat pekerja di tingkat unit kerja/perusahaan akan semakin memperkuat posisi tawar pekerja dalam melakukan perundingan dan negosiasi dengan pihak perusahaan. Adapun materi yang diberikan adalah :

  1. Mengapa Berserikat yang disampaikan oleh Edwin Firmansyah (Pengurus SPPT-TEL).
  2. ABC Hukum Perburuhan disampaikan oleh Indah Saptorini (ICEM Indonesia).
  3. K3 di Tempat Kerja disampaikan oleh Indah Saptorini (ICEM Indonesia).
  4. Pengantar PKB dan Negosiasi Efektif disampaikan oleh Mustiyah (FSP KEP)
  5. Strategi Advokasi dan Penanganan Keluh Kesah disampaikan oleh Mustiyah (FSP KEP) 
Dalam pelatihan kali ini juga peserta diajak untuk melakukan diskusi kelompok dengan beberapa materi diskusi,seperti : 

  • Sebutkan hal-hal yang baik, kekuatan, sumber daya, yang dimiliki oleh  serikat buruh anda? (Program apa yang baik dan penting untuk serikat buruh Anda)
  • Sebutkan dan jelaskan hal-hal buruk,   kelemahan, hambatan, dan tantangan yang dihadapi oleh  serikat buruh anda.
  • Masalah-masalah perburuhan apa saja yang terjadi di Palembang (Sumatera Selatan).
Dipelatihan ini mengharapkan peran aktiv peserta selama mengikuti pelatihan, selain itu dalam pelatihan ini dilakukan metode Role Play (permainan simulasi) dalam Melakukan Proses Negosiasi Perjanjian Kerja Bersama (PKB).Dengan adanya pelatihan-pelatihan seperti ini, akan semakin meningkatkan kemampuan dan kekuatan pengurus serikat pekerja.(MIP)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar