Sp3-TeL

Sp3-TeL
Aksi Mayday 2013 di Muara Enim

Jumat, 25 Mei 2012

13. 000 BURUH PT. PINDO DELI AKAN MOGOK KERJA MULAI TANGGAL 4 JUNI 2012 !







Serikat Pekerja Kertas PT. Pindo Deli (SPK PD) memutuskan untuk menggelar mogok kerja ke-2  selama 14 hari yang akan dimulai pada tanggal 4 Juni 2012 pukul 00. 00 WIB dan akan berlangsung selama 14 hari. Mogok kerja ini dilakukan karena perundingan kenaikan upah (kembali) mengalami dead lock.  Manajemen PT. Pindo Deli tidak memberikan respon positif atas tuntutan SPK PD untuk menaikkan upah para buruh yang didasarkan penilaian kinerja / prestasi  atau yang lazim disebut sebagai Penilaian Akhir Tahun (PAT). Sikap perusahaan ini, merupakan pengingkaran atas komitmen yang dijanjikan pada saat mogok kerja pertama pada tanggal 7-8 Mei 2012.

Pindo Deli, sebagai  perusahaan kertas dengan kemampuan produksi kelas dunia ini, merupakan anak perusahaan Sinar Mas Group dan menjadi bagian sangat penting dari Asian Pulp & Paper (APP). Perusahaan yang memperkerjakan tidak kurang dari 13. 000 buruh ini, menjadi eksportir kelas utama untuk pasar Amerika, Eropa dan Negara-negara di Asia.

Mogok kerja adalah pilihan terakhir yang diputuskan oleh serikat ketika pintu negosiasi tertutup atau dead lock. Perusahaan tidak mengindahkan tuntutan resmi yang disampaikan oleh serikat untuk menaikkan upah buruh sebesar 18 %, terdiri dari kenaikan upah karena selisih kenaikan UMK 2012 Kabupaten Karawang dan kenaikan berdasarkan penilain prestasi kinerja buruh. Formula upah dari serikat ini menjadi penting karena selama ini perusahaan tidak pernah memberikan penghargaan kepada para buruh yang sudah bekerja bertahun-tahun. Sistem yang selama ini diterapkan perusahaan, memungkinkan kenaikan upah hanya 16. 000 rupiah per tahun untuk buruh yang sudah bekerja lebih dari 20 tahun.

Selain masalah upah, SPK PD juga tengah menyusun rencana besar atas berbagai permasalahan lainnya, antara lain :
  1. Permasalahan PHK buruh yang dilakukan secara sistematis melalui system quota penilaian atau yang biasa dikenal dengan Triple C, pekerja yang mendapatkan nilai C selama 3 tahun berturut-turut akan di PHK. 
  2. Tenaga Kerja Asing yang menimbulkan kecemburuan karena besarnya upah dan melimpahnya fasilitas tanpa diimbagi klasifikasi keahlian yang jelas, sementara upah sebagian besar buruh masih sangat rendah. 
  3. Sistem kerja kontrak / outsourcing yang jumlahnya sangat besar (dari 13. 000 buruh, dipastikan setengahnya adalah pekerja kontrak / outsourcing).
  4. Perlindungan atas kemerdekaan berserikat bagi buruh. 
  5. System penjenjangan karir dan jabatan yang tidak transparan.

Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI), sebagai afiliasi telah menyerukan penggalangan dukungan dari berbagai perusahaan kertas / pulp anggota FSP2KI atas pemogokan ini. Mogok Kerja, juga akan dijadikan momentum pembangunan persatuan seluruh buruh pabrik kertas di bawah bendera SINAR MAS GROUP dan diharapkan melakukan pemogokan yang sama. Seluruh buruh yang bekerja di perusahaan SINAR MAS GROUP harus menjadikan momentum pemogokan di Pindo Deli sebagai awal kebangkitan perjuangan secara nasional, menyusun PKB dan membangun jalan kesejahteraan bersama secara nasional.

Sementara Dewan Pimpinan Pusat Konfederasi Serikat Nasional (DPP KSN) dipastikan akan memberikan dukungan sepenuhnya atas pemogokan ini dengan menggalang kekuatan politik secara nasional / internasional. Dukungan yang dilakukan oleh DPP KSN, antara lain :
  1. Desakan kepada Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Komisi IX DPR RI untuk segera turun tangan menyelesaikan berbagai permasalahan di Sinar Mas Group.
  2. Desakan kepada Kapolri untuk memberikan jaminan keamanan kepada seluruh pekerja yang akan melakukan mogok kerja. 
  3. Instruksi kepada seluruh Federasi Anggota dan DPW KSN di berbagai wilayah untuk melakukan aksi-aksi secara massif di perusahaan Sinar Mas Group termasuk pendudukan Bank Sinar Mas di berbagai kota.
  4. Menggalang Kampanye Internasional.
SPK PD, FSP2KI, DPP KSN meyakini bahwa pemogokan di Pindo Deli akan menjadi pemicu gerak bagi  perjuangan melawan buruknya system ketenagakerjaan di perusahaan-perusahaan Sinar Mas Group dan membangkitkan solidaritas secara luas. Pada gilirannya, pemogokan umum di perusahaan-perusahaan Sinar Mas Group akan menjadi pilihan bersama untuk memperjuangkan kesejahteraan bagi seluruh buruh SInar Mas Group.

Maka, kami menyerukan penggalangan dukungan untuk keberhasilan pemogokan ini dengan pernyataan sikap sebagai berikut :
  1. Kepada Seluruh Buruh PT. Pindo Deli agar menyatukan diri dalam satu komando di bawah kepemimpinan       SPKPD,FSP2KI dan KSN. 
  2. Kepada Seluruh anggota KSN untuk melakukan aksi-aksi mendukung pemogokan di PT. Pindo Deli. 
  3. Kepada menakertrans RI dan Komisi IX DPR RI untuk segera mengambil langkah-langkah politik menyelesaikan permasalahan di perusahaan SInar Mas Group.
  4. Kepada Bupati dan Ketua DPRD Karawang untuk segera mengambil langkah kongkrit menyelamatkan kondisi buruh PT. Pindo deli sebagai pembayar pajak terbesar bagi Kabupaten Karawang. 
  5. Kepada Kapolri untuk memberikan jaminan rasa aman bagi seluruh buruh yang akan melakukan pemogokan. 
  6. Kepada Jaringan Nasional dan Internasional untuk memobilisasi dukungan demi keberhasilan pemogokan ini.

Dengan keyakinan pada kekuatan BURUH BERSATU TAK DAPAT DIKALAHKAN, maka kami menyatakan MOGOK KERJA adalah jalan dan pilihan kami yang tidak bisa ditawar lagi.

TEPAT PADA PUKUL 00. 00 WIB PADA TANGGAL 4 JUNI 2012,
SELURUH MESIN DI PERUSAHAAN AKAN KAMI MATIKAN.

BURUH BERSATU TAK DAPAT DIKALAHKAN, BURUH BERKUASA RAKYAT SEJAHTERA
BANGKIT MELAWAN ATAU TUNDUK TERTINDAS
KSN : MAJU LAWAN MENANG!

Karawang, 24 Mei 2012

DPP KSN
PIMPUS FSP2KI
PENGURUS SPK PD


Ir. Ahmad Daryoko (Presiden KSN)
08111-673-90
Khamid Istakhori (Sekjen)


H. Hamdani (Plt Presiden FSP2KI)
0853.6574.1533
Etin Rodiana (Sekjen)


Rohmad (Ketua SPKPD)
0813.1963.5932
M. Arief (Sekretaris)
0812.8483.7137
C0813.8386.7100
08815803345

Tidak ada komentar:

Posting Komentar