Sp3-TeL

Sp3-TeL
Aksi Mayday 2013 di Muara Enim

Senin, 16 Januari 2012

FSP2KI Campaign


Serikat Pekerja Wirasylva (SPWS-FSP2KI)
PKB 2012-2014 di Tandatangani.
 

Salah satu Serikat pekerja Anggota FSP2KI, SP Wirasylva PT Wira Karya Sakti ( WKS ) Jambi telah berhasil mensepakati Perjanjian Kerja Kersama PKB) barunya dengan management perusahaan PT Wira Karya Sakti Jambi.

Penandatanganan tersebut dilakukan pada tanggal 13 Januari 2012 di PT Wira karya Sakti Jambi. Perjanjian kerja bersama ini berlaku untuk periode 2012 – 2014.

PT Wira Karya Sakti adalah salah satu perusahaan HTI bahan baku pulp dan kertas anak perusahaan group Sinarmas Forestry.

Dengan telah ditandatanganinya PKB tersebut, maka perusahaan dan serikat pekerja telah mengimplementasikan hubungan industrial yang harmonis sesuai dengan UU ketenagakerjaan di indonesia.
Menurut Antoni Anwar, Ketua SP Wirasylva yang baru saja terpilih kembali menjadi Ketua umum untuk periode 2011- 2013 mengatakan PKB ini menjadi bukti perjuangan SPWS untuk anggotanya, semoga perusahaan dan pekerja bersama- sama bertekat mentaati perjanjian yang telah disepakati tersebut.
=======================================================================
Serikat Pekerja Perjuangan Rimba Lestari PT. Sumatera Riang Lestari (SP2RL PT. SRL-FSP2KI)
Terbitkan Bulletin Pekerja Volume I.
Salam Pekerja..
Kami menyadari betapa pentingnya komunikasi antara Pengurus Serikat dengan Anggota dan antara Pengusaha dengan Pekerjanya.  Tetapi kadang kala komunikasi yang tidak lancar bisa saja terjadi baik antara pengurus dengan anggota ataupun antara pengusaha dengan pekerja. Untuk membangun komunikasi yang sehat memang dibutuhkan pengorbanan dan komitmen.

 
Klik pada gambar untuk membaca Bulletin Pekerja Volume I

Komitmen kami sebagai sebagai pengurus dengan segala keterbatasan yang ada mencoba berupaya memperbaiki hal-hal yang mungkin masih bisa diperbaiki, harapan kami dengan adanya bulletin ini menjadi salah satu media komunikasi dan pembelajaran bagi anggota khususnya dan bagi semua pekerja pada umumnya.

Kami ucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak sehingga bulletin SP2RL bisa terlaksana kami sadar “tak ada gading yang tak retak”, bulletin ini masih jauh dari kesempurnaan tapi kami akan mencoba terus lakukan perbaikan.

==========================================================================

Serikat Pekerja PT. Tanjungenim Lestari Pulp And Paper (SPPT TeL-FSP2KI)
Diskusi Panel Perburuhan dan Rapat Anggota.



Pada tanggal 12 Januari 2012, SPPT TeL mengadakan Diskusi Panel Perburuhan dengan thema “Membangun Sinergi Hubungan Industrial di PT. TeL”.  Diskusi ini dihadiri oleh dua pembicara yaitu Rudi Fajar (HR, GA & CS Director PT. TeL) dan Irzan Zulpakar (Presiden FSP2KI), Manajemen dan serikat pekerja kontraktor di PT. TeL serta pengurus dan anggota SPPT TeL.  Kadisnakertrans Muara Enim yang rencananya hadir sebagai pembicara tidak dapat hadir sehubungan demonstrasi pekerja di Pemda Muara Enim.

Klik disini  untuk mengunduh Materi Diskusi Panel yang disampaikan oleh Presiden FSP2KI (Irzan Zulpakar).

Setelah diskusi panel acara dilanjutkan dengan Rapat Anggota SPPT TeL dengan agenda evaluasi program dan keuangan 2011 serta rekomendasi program dan keuangan 2012.

Acara ini dapat dikatakan sebagai terobosan bagi serikat pekerja dan Manajemen PT. TeL untuk mencari bentuk hubungan yang sinergis dalam operasional perusahaan dengan melibatkan dan untuk kepentingan semua pihak seperti pengusaha, pekerja, pemerintah, kontraktor dan masyarakat.


============================================================================================
Serikat Pekerja PT. Esa Kertas Nusantara (SP EKN-FSP2KI)
Union Busting di PT. Esa Kertas Nusantara?


SP EKN adalah serikat pekerja yang baru terbentuk dan menjadi anggota termuda FSP2KI. Manajemen PT. Esa Kertas Nusantara telah melakukan upaya yang mengarah kepada union busting (pemberangusan serikat) dengan tidak mengakui keberadaan SP EKN dan menolak ajakan SP EKN untuk perundingan Bipartit. 


Sikap Manajemen PT. Esa Kertas Nusantara yang berlokasi di Karawang ini dapat dikategorikan melanggar asas kebebasan berserikat dan melakukan perbuatan yang melawan hukum dengan menolak ajakan untuk perundingan bipartit yang diwajibkan oleh Undang-Undang Ketenagakerjaan.

FSP2KI dan SP EKN sedang melakukan pembicaraan intensif untuk mengatasi masalah ini dimana upaya menghalang-halangi serikat pekerja dalam melakukan fungsinya adalah pelanggaran atas Undang-Undang Ketenagakerjaan yang dapat dikenakan sanksi pidana.

============================================================================================
Serikat Pekerja Demokratis PT. Lontar Papyruss Pulp And Paper Industry (SPD LPPPI-FSP2KI)
Protes Atas Kebijakan Manajemen.


Serikat Pekerja Demokratis (SPD) LPPPI telah mengeluarkan surat protes kepada Manajemen PT. Lontar Papyruss Pulp And Paper Industry atas beberapa kebijakan perusahaan yang dinilai tidak sesuai dengan harapan pekerja.

Surat protes ini telah dikirimkan kepada Asia Pulp And Paper (APP), FSP2KI, DPRD dan Konfederasi Serikat Nasional (KSN).

FSP2KI dan SPD LPPPI sedang melakukan monitoring atas perkembangan masalah ini sambil mempertimbangkan langkah selanjutnya untuk mengatasi masalah.
====================================================================

Serikat Pekerja Manggalasylva (SPMS-FSP2KI)
Pergantian Kepemimpinan.


Beberapa waktu yang lalu SPMS telah melakukan pergantian kepemimpinan dimana terpilh saudara Yentri menjadi Ketua SPMS.  Dengan demikian selain menjabat sebagai Ketua SPMS, Yentri juga menjabat sebagai Internal Auditor FSP2KI.

Pergantian kepemimpinan ini diharapkan akan membawa angin segar dan kemajuan bagi SPMS serta anggota-anggotanya.  Selamat.
========================================================================

Agenda FSP2KI.

SP Riau Pulp (Serikat Pekerja Riau Pulp)
Pelatihan Advokasi
14 Januari 2012

SPPT TeL (Serikat Pekerja PT. Tanjungenim Lestari Pulp And Paper)
Pelatihan Paralegal Tahap II
19 Januari 2012

SPKT (Serikat Pekerja Karyawan Truba)
Penyelesaian Masalah Perjanjian Kerja dan Jaminan Kesehatan
26 Januari 2012

========================================================================
Online Kampanye dari LabourStart

LabourStart memberikan layanan berita dan kampanye perburuhan secara global. Setiap serikat pekerja dari berbagai negara dapat menggunakan layanan ini untuk mengkampanyekan perjuangannya dan mendapatkan dukungan dari buruh di seluruh dunia.

Solidaritas dunia adalah salah satu cara untuk mendekatkan buruh kepada tujuannya.  Untuk informasi lebih lanjut guna mendapatkan layanan kampanye dari LabourStart, klik Di sini untuk membaca Kampanye Online dari http://www.labourstart.org/id/



Sumber :FSP2KI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar